10 hal yang kami ketahui sebagai hal yang benar
Kami pertama kali menulis “10 hal” ini saat Google
baru berusia beberapa tahun. Dari waktu ke waktu kami memeriksa lagi daftar ini
untuk melihat apakah prinsip ini masih berlaku. Kami harap ini masih
berlaku—dan Anda dapat memercayai kami akan hal itu.
- Berfokus pada pengguna dan yang lain akan mengikuti.
Sejak awal, kami telah berfokus
memberikan pengalaman terbaik sebisa mungkin kepada pengguna. Saat kami
merancang peramban internet yang baru maupun saat menyempurnakan tampilan
beranda, kami sangat berhati-hati untuk memastikan layanan terbaik bagi Anda,
bukan alasan atau pun tujuan internal kami. Antarmuka beranda kami jelas dan sederhana,
dan laman dimuat dalam sekejap. Penempatan dalam hasil penelusuran tidak pernah
dijual untuk siapa pun, dan iklan tidak hanya ditunjukkan seperti iklan
biasanya namun menawarkan konten yang relevan dan tidak mengganggu. Selain itu,
saat kami membuat alat dan aplikasi baru, kami yakin itu akan bekerja dengan
sangat baik sehingga Anda tidak sampai membayangkan bagaimana jika alat atau
aplikasi itu dirancang secara berbeda.
- Yang terbaik adalah mengerjakan satu hal dengan sangat baik.
Kami benar-benar menelusuri. Dengan
salah satu grup riset terbesar di dunia yang berfokus khusus pada pemecahan
masalah penelusuran, kami tahu apa yang kami lakukan dengan baik, dan bagaimana
kami dapat menjadikannya lebih baik lagi. Melalui iterasi yang berkelanjutan pada
masalah-masalah pelik, kami mampu memecahkan permasalahan rumit dan
menghadirkan perbaikan berkelanjutan pada layanan yang telah menjadikan
pencarian informasi pengalaman yang cepat dan mulus bagi jutaan orang. Dedikasi
kami pada perbaikan penelusuran membantu kami menerapkan apa-apa yang telah
kami pelajari pada produk-produk baru, seperti Gmail dan Google Maps. Harapan
kami adalah menghadirkan kekuatan penelusuran ke area-area yang belum terjamah,
dan membantu orang mengakses dan menggunakan lebih banyak lagi informasi yang
senantiasa melimpah dalam kehidupan mereka.
- Lebih baik cepat daripada lambat.
Kami tahu bahwa waktu Anda berharga,
jadi saat mencari jawaban di web Anda menginginkan hasilnya dalam sekejap–kami
bertujuan memenuhinya. Mungkin kami satu-satunya orang di dunia yang bertujuan
membuat orang meninggalkan beranda kami sesegera mungkin. Dengan mengurangi
kelebihan bit dan byte dari laman kami dan meningkatkan keefisienan lingkungan
layanan, kami berulang kali memecahkan rekor kecepatan kami sendiri, sehingga
waktu respons rata-rata pada hasil penelusuran adalah sepersekian detik. Kami
terus mempertimbangkan kecepatan setiap kali merilis produk baru, baik aplikasi
seluler maupun Google Chrome, peramban yang dirancang agar cukup cepat untuk web
modern. Di samping itu, kami terus berusaha membuat semuanya lebih cepat lagi.
- Demokrasi dalam kerja web.
Penelusuran Google sukses karena
mengandalkan jutaan tautan pengeposan individu di situs-situs web untuk
membantu menentukan situs lain yang menawarkan konten yang bernilai. Kami
menilai pentingnya setiap laman web menggunakan lebih dari 200 sinyal dan
berbagai teknik, termasuk algoritme berpaten, PageRank™, yang menganalisis
situs mana yang telah “diberi suara” sebagai sumber informasi terbaik oleh
laman lainnya di seluruh web. Seiring makin berkembangnya web, pendekatan ini
semakin meningkat, karena setiap situs baru menjadi sebuah titik informasi dan
suara tambahan yang harus dihitung. Secara bersamaan, kami aktif mengembangkan
perangkat lunak sumber terbuka, yang menghadirkan inovasi berkat upaya bersama
dari banyak programer.
- Meskipun tidak berada di depan meja kerja, Anda bisa saja membutuhkan jawaban.
Dunia semakin berubah ke arah
seluler: orang ingin mengakses informasi di mana saja dan kapan saja. Kami
memelopori teknologi baru dan menawarkan solusi layanan seluler baru yang
membantu orang di seluruh dunia melakukan banyak tugas melalui ponsel, mulai
dari memeriksa email dan kalender acara hingga menonton video, belum termasuk
beberapa cara berbeda untuk mengakses penelusuran Google melalui ponsel. Selain
itu, kami berharap dapat mendorong inovasi yang lebih besar bagi para pengguna
seluler di mana saja dengan Android, sebuah platform seluler sumber terbuka dan
gratis. Android membawa keterbukaan yang membentuk internet dalam dunia
seluler. Android tidak hanya menguntungkan konsumen, yang mempunyai lebih
banyak pilihan dan pengalaman seluler baru yang inovatif, namun juga membuka
peluang penghasilan bagi penyedia seluler, pabrikan, dan pengembang.
- Anda dapat mendapatkan uang tanpa berbuat jahat.
Google adalah bisnis. Pendapatan
kami berasal dari penawaran teknologi penelusuran bagi perusahaan dan dari
penjualan iklan yang dipajang di situs kami serta situs lain di seluruh web.
Ratusan ribu pengiklan di seluruh dunia menggunakan AdWords untuk mempromosikan
produknya; ratusan ribu penayang memanfaatkan program AdSense untuk menayangkan
iklan yang relevan dengan konten situsnya. Untuk menjamin bahwa kami
benar-benar melayani semua pengguna (pengiklan maupun bukan), kami memiliki
kumpulan prinsip pemandu untuk praktik dan program periklanan kami:
- Kami tidak mengizinkan iklan ditampilkan pada laman hasil kami kecuali relevan dengan tempat iklan ditampilkan. Selain itu, kami sangat yakin bahwa iklan dapat memberikan informasi yang berguna jika, dan hanya jika, relevan dengan apa yang ingin Anda temukan–jadi mungkin saja penelusuran tertentu tidak akan menunjukkan iklan sama sekali.
- Kami percaya iklan dapat efektif tanpa harus menyolok. Kami tidak menerima iklan munculan, karena mengganggu penayangan konten yang diminta. Kami menemukan bahwa iklan teks yang relevan dengan pembaca mendapatkan rasio klik/tayang (CTR) jauh lebih tinggi dibanding iklan yang muncul acak. Semua pengiklan, besar maupun kecil, dapat memanfaatkan media yang sangat dibidik ini.
- Iklan di Google selalu ditandai dengan jelas sebagai “Pesan Sponsor,” sehingga tidak merusak integritas hasil penelusuran. Kami tidak pernah memanipulasi peringkat untuk memprioritaskan mitra dalam hasil penelusuran dan tak seorang pun dapat membeli PageRank yang lebih baik. Pengguna mempercayai objektivitas kami dan tidak ada keuntungan jangka pendek apa pun yang dapat membenarkan penodaan kepercayaan itu.
- Selalu ada informasi lain di luar sana.
Setelah kami mengindeks lebih banyak
laman HTML di internet daripada layanan penelusuran lainnya, teknisi kami
mengalihkan perhatiannya pada informasi yang belum dapat diakses. Kadang ini
hanyalah masalah integrasi basis data baru ke penelusuran, seperti menambahkan
nomor telepon, pencarian alamat, dan direktori bisnis. Upaya lainnya
membutuhkan sedikit lebih banyak kreativitas, seperti menambah kemampuan untuk
menelusuri berita, arsip, paten, jurnal akademik, miliaran gambar, dan jutaan
buku. Selain itu, peneliti kami terus mencari cara untuk memberikan semua
informasi di dunia kepada orang-orang yang mencari jawaban.
- Kebutuhan akan informasi melebihi batas apa pun.
Perusahaan kami didirikan di
California, namun misi kami adalah memfasilitasi akses terhadap informasi untuk
seluruh dunia, dan dalam setiap bahasa. Karena itu, kami memiliki kantor di
lebih dari 60 negara, mengurus lebih dari 180 domain internet, dan separuh
hasil penelusuran kami disajikan kepada orang-orang yang tinggal di luar
Amerika Serikat. Kami menawarkan antarmuka penelusuran Google dalam lebih dari
130 bahasa, menawarkan kemampuan untuk membatasi hasil penelusuran sesuai
konten yang ditulis dalam bahasa mereka, dan bertujuan menyediakan aplikasi dan
produk kami lainnya dalam sebanyak mungkin bahasa dan format
yang dapat diakses. Dengan alat penerjemah kami, orang dapat
menemukan konten yang ditulis di belahan bumi lain yang berbahasa asing. Dengan
alat ini dan bantuan dari penerjemah sukarela, kami dapat benar-benar
menyempurnakan jenis dan kualitas layanan yang dapat kami tawarkan meski di
daerah yang paling tak terjangkau di dunia.
- Anda bisa tampak serius tanpa mengenakan setelan.
Pendiri kami membuat Google dengan
ide bahwa kerja seharusnya menantang, dan tantangan itu seharusnya
menyenangkan. Kami yakin bahwa hal-hal kreatif yang hebat lebih cenderung
muncul dalam budaya perusahaan yang benar–dan itu bukan sekadar aksesori dalam
perusahaan. Ada penegasan dalam pencapaian tim dan kebanggaan atas keberhasilan
individu yang berkontribusi pada keberhasilan kami secara keseluruhan. Kami
memiliki pegawai yang hebat–orang-orang yang bersemangat dan berhasrat tinggi
dari latar belakang yang berbeda dengan pendekatan kreatif untuk bekerja, bermain,
dan menjalani hidup. Atmosfer kami mungkin santai, namun saat ide muncul di
antrean kafe, di rapat tim, atau di gimnasium, ide itu disepakati, diuji, dan
dipraktikkan dalam sekejap–dan itu bisa jadi landasan luncur untuk proyek baru
yang ditujukan bagi penggunaan di seluruh dunia.
- Hebat masih belum cukup.
Dalam pandangan kami, hebat dalam
suatu hal adalah awal, bukan tujuan. Kami menetapkan tujuan yang kami tahu
belum dapat kami raih, karena kami sadar bahwa jika kami berupaya keras untuk
mencapai tujuan itu, maka kami dapat melampaui perkiraan kami semula. Melalui
inovasi dan iterasi, kami ingin mengambil apa-apa yang berhasil baik dan
meningkatkannya secara tak terduga. Misalnya, ketika salah seorang insinyur
kami mendapati bahwa penelusuran dapat berfungsi dengan baik untuk kata-kata
yang ejaannya benar, dia memikirkan bagaimana penelusuran menangani salah
ketik. Hasilnya, dia berhasil menciptakan pemeriksa ejaan yang lebih intuitif
dan membantu.
Bahkan jika Anda tidak tahu pasti
apa yang Anda cari, mendapatkan jawaban di web adalah masalah kami, bukan
masalah Anda. Kami mencoba mengantisipasi kebutuhan yang belum diungkapkan oleh
audiens global kami, dan memenuhinya dengan produk serta layanan yang menjadi
standar baru. Saat kami meluncurkan Gmail, layanan ini memiliki ruang
penyimpanan yang lebih besar dibanding layanan email mana pun. Bila melihat
masa lalu, jelas ruang penyimpanan kami memang lebih besar–namun itu karena
sekarang kami memiliki standar baru untuk penyimpanan email. Hal-hal semacam
itu adalah bagian dari perubahan yang ingin kami lakukan, dan kami selalu
mencari tempat baru untuk melakukan perubahan. Pada akhirnya, ketidakpuasan
yang terus muncul menjadi pendorong dalam semua tindakan yang kami lakukan.
http://www.google.com/intl/id/about/company/